MAMAZORAYAS JOURNAL #2 - RUMAH SUBSIDI IMPIAN

 Mamazorayas Journal #2


Source;Rumah subsidi di kawasan Puri Harmoni Muktiwari, Cibitung, Bekasi


Hellow yellow welcome to  Mamazorayas Journal, lagi pengen ngeblog ala diary nih! seperti zaman dulu sebelum ada SEO,etc. Ingat banget dulu suka pantengin kehidupan blogger sehari - hari dan cukup menyenangkan seakan mendapat surat dari bagian bumi lain. Mereka kasih informasi berharga dan inspirasi. Mungkin journal kali ini lebih ke pencapaian dan bucket list, semoga menjadi inspirasi positif buat saudara sekalian.


Believe it or not setelah jadi blogger itu menyenangkan saat pembaca kita comment dan berinteraksi karena dari sekadar nanya kita akhirnya keep in touch karena kebetulan senasib seperjuangan sama-sama tinggal di Mesir saat itu.


So, apa nih  konten favorit kalian? pastinya setiap tahun kita punya kesenangan masing - masing. Apalagi dengan adanya Tiktok, youtibe short sampai reel instagram yang mengemas berita secepat kilat dan membuka keluasan ruang gerak. Kita tau informasi dari belahan dunia lain secepat itu dan membuat otak kita multi tasking banget.

Ok kita bahas satu satu ya .


Menabung Hasil Kerja


Jujur beberapa tahun lalu buat MZ sudah untuk menabung hasil kerja selain upah ngepress banget seperti mesin jeruk peras. Biaya hidup dan lifestyle yang meninggi (misal kita kepo dengan makanan viral) dan bisa dibilang setengah generasi sandwich. 

Seperti anak muda di Indonesia pada umumnya yang berbakti pada orang tua jadi setengahnya dikasih ke orang tua. Is ok ikhlas dan bahagia juga karena lebih damai aja setidaknya uang yang dicari bermanfaat dan semoga berkah.

source - Pixabay


Mungkin kalian notice setahun ini MZ ga terlalu aktif karena bekerja di Maldives dan allhamdulilah sudah lulus dari sana. Kebetulan atas berkah tuhan yang maha baik MZ diberikan kesempatan kerja di Maldives selama setahun bareng suami dan kami kumpulin uangnya. Syukurnya karena kita sudah ditanggung untuk makan dan tempat tingal serta karena kita stay di pulau jadi pengeluaran bisa di minimalisir.

Salah satu berkah menikah itu bisa jadi team work sehingga impian insya allah tercapai lebih cepat. Saudara sekalian juga harus pertimbangkan untuk mencari sosok yang mencintaimu ya, mau team work, kata orang seperti menikah dengan sahabat jadi ga ada bosannya.

MZ dan pasangan pastinya masih belajar terutama  menyelaraskan ego masing-masing, komunikasi itu memang penting sih biar ga salah faham. Jangan cepat menyerah seperti aku diawal misal suka greget, harus ingat lagi kebaikan suami ya sekaligus juga intropeksi diri.

Allhamdulilah tabungan berdua kami cukup dan disegerakan langsung yang pertama adalah rumah sebagai prioritas. Selama kamu punya atap untuk berlindung dan milikmu sendiri maka lebih mudah melewati gempuran dunia.

Jangan mikir gacukup uangnya dan segala macam. Kalau gabisa amanah nyimpan langsung dibekukan aja jadi emas dan terus bekerja cari rezeki halal karena insya allah niat baik maka dimudahkan allah.


Punya Rumah Impian

SOURCE : PERMATA MUTIARA MAJA


Mamazorayas kebetulas sudah obsesi dengan rumah pada saat mau pulang kembali ke Indonesia sekitar 2 tahun lalu saat covid masih melanda. Mulai cari - cari rumah dan tanah walau saat itu belum ada uangnya tapi ditanya aja satu-satu yang mana sekiranya hati senang, terus gali informasi.

Long story short akhirnya dapatlah rumah ini walau istilahnya masih dipinggiran tapi prospek kedepannya bagus karena banyak instansi pemerintah, stadion, universitas dan tol. Lagipula mulai sumpek dengan lingkungan kota somehow karena jalannya yang sempit namun kendaraan bertambah banyak.

Dorongan punya rumah juga karena setiap kali kembali ke kampung halaman, kami berdua terpaksa harus menginap di penginapan karena rumah ortu ga punya kamar tambahan. Jujur untuk sewa penginapan cukup menyerap dana yang ga sedikit dapat dikatakan seperti pengeluaran double. Duh pusing deh kalau gapunya tempat jadi luntang- lantung.

Saat itu kita pindah dari hotel yang pertama karena palayanan buruk, bawa lagi koper dan syukurnya hotel kedua sangat baik namun tidak ada lift jadi kasian sih masnya bolak-balik ngangkat tu koper tapi tentunya jangan lupa kasih tips ya saudara.

PERUMNAS



Setahun lalu sudah berani dp dan minta adik kesana untuk survey dan benar saja memang tempatnya sejauh itu, pantas aja ade saya ngeluh. Gatau kenapa ya aku senang aja rumah ini karena bangunannya bagus, developernya terpercaya dan dari nonton tiktok @vally baru tau kalau ada program inhouse tanpa pinjaman bank. Jadi kamu langsung bayar ke developernya aja.

Informasi dari tiktoker itu beliau bisa cicil sampai beberapa tahun dan juga sama seperti sepupuku yang beruntung developernya ok dengan akad begitu. Pastikan developenya bener ya karena teliti sebelum membeli itu penting.

Kalau cicilan developer ala aku skemanya kebetulan mereka boleh cicil 3 kali dan contoh skemanya seperti dibawah - hanya contoh saja bukan hitungan rumah kami yang sebenarnya karena gamau riya aja:

Uang Muka                                  Rp. 100.000.000
Termin progress naik atap             Rp.   50.000.000
Pelunasan setelah rumah selesai    Rp.   23.000.000

berikut lampiran perhitungan sesuai zona kalian ya


Kebetulan saat ini rumahnya dalam proses pembangunan sudah selesai sekita 72 % dan diperkirakan insya allah October 2024 sudah selesai, moga aja PDAM juga sudah masuk jadi kami bisa segera pindah.

Semoga pembaca juga diberkahi allah dengan rumah impian ya. Semoga blog ini jadi penyemangat kalian.

Jujur MZ lagi senang dengan konten tour rumah subsidi yang ukuran 60 meter karena pada jago-jago banget menyulap rumah lahan terbatas tapi dalamnya seperti hotel. Sesuai dengan rumah imutku juga, mungkin rumahku ga segede lapangan golf tapi disyukurin ya.

Menunggu ni rumah dari tahun lalu sih dan bisa terealisasi baru sekarang itu juga dapat info dari Tiktok, salut sih sama Tiktok yang sudah berjasa dalam perjalanan pencarian rumah impian.

Dekorasi sepertinya juga bakalan terinspirasi Tik Tok dan pinterest.


Jangan Lupa Mencintai Lingkungan



MZ punya pemikiran bisa jadi mungkin ga sesuai dengan apa yang orang pikirkan ya tapi kita semua bebas punya aspirasi kan ya. Jujur saat survey rumah MZ menemukan fakta bahwa sebelumnya rumah MZ itu sepertinya hamparan hijau dan warga memanfaatkan dengan menanam pohon pepaya. Jujur bahkan hingga sekarang pepaya itu berjejer rapih dan hamparan hijau itu masih cantik.

Dengar dari developer lahan itu akan dijadikan komplek perumahan juga dan omg itu hamparan nanti pasti akan ditimbun tanah. Mengsedih tapi itulah kenyataannya, MZ perhatikan rumah rumah yang sudah jadi mereka jadikan semua lahannya menjadi bangunan. is ok hak masing -masing.

Kalau MZ boleh sedikit menyuarakan untuk alam sekiranya boleh lah kita kasih space untuk teman tumbuhan kita hidup. Ada space buat mereka bertumbuh mungkin tanam pohon buah atau bunga biar lebah bisa datang menghampiri dan membantu proses penebaran benih.

Mamazorayas kenal juga dengan para pecinta tumbuhan, jujur MZ juga gabisa gardening sih nanti akan belajar karena cita-citanya mau kasih ruang untuk tumbuhan hijau tersebut. 


Photo: Elenaleonova / Getty Images


Mungkin kita juga bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk tanam sayur aeroponik atau mungkin lahannya lebih besar bisa pelihara ayam dan sebenarnya pastinya apa yang kita kerjakan ada hasilnya. Setidaknya kalau mager ke pasar ada hasil dari kebun mini atau mungkin bisa ceplok telur. 

Gaya hidup seperti ini menginspirasi sekali sih, menurut kalian gimana?

Mohon pembaca mempertimbangkan untuk ruang hijau dirumah ya karena segala sesuatu berawal dari diri kita. Melestarikan alam, pencegahan banjir.



0 Comments